Hitam yang memutih

Jumat, 26 Agustus 2011

Introspeksi Diri

Kali ini saya mau sharing masalah sudut pandang. Tulisan ini terinspirasi dari teman saya sendiri, sebut saja namanya Ani (bukan nama sebenarnya). Saya dan Ani adalah teman dan sedikit banyak saya sudah tau sama sifatnya. Terus ada apa dengan Ani?? Saya sama sekali ga bermaksud men"judge" si Ani ya, saya juga belum tentu lebih baik dari Ani, tapi mari belajar dari kehidupan orang lain atau sekedar mengambil hikmahnya aja.

Gini ni ceritanya, temen saya Ani sekarang tinggal jauh dari saya, di lingkungan baru gitu lah, kebetulan saya punya facebooknya dia. Iya, memang status di FB itu suka" dan bebas, itu ga masalah dan tergantung dari pribadi masing". Status" si Ani ini menurut saya menarik, akhirnya saya amati sampai beberapa lama.

Apa yang dapat saya ambil setelah mngamati status Ani? Ani sering sekali buat status yang mengeluhkan lingkungannya dan temen"nya. Dia sering bilang dihianati, di tusuk dari belakang, dikucilkan, bahkan sering ngatain orang bermuka dua, munafik dan sebagainya. Ngeri juga ya hidup temen saya ini??saya jadi ngebayangin betapa ga enaknya hidup di lingkungan dia sekarang. Pertamanya saya ngerasa simpati, dan sedikit kasian sama dia, tapi setelah lama" saya pikir kok semakin aneh. Aneh gimana??ya jelas aja aneh, dia dulu pas masih temenan sama saya juga sering mengeluh kaya gitu, aneh kan? Saya jadi berpikir dua kali untuk kasian atau simpati ke Ani. Kenapa??jahat banget ya saya, ya karena saya jadi berfikir, dia diperlakukan oleh teman dan lingkungannya yang menurut dia begitu kejam pasti kan ada alasannya. Coba kita berfikir kembali, apa bener yang salah itu temen" dan lingkungan Ani??atau malah sebaliknya??

Ya begitulah, bisa disimpulkan sendiri. Jangan sampai kita terlalu sibuk menyalahkan teman, orang lain atau lingkungan, sementara permaslahan itu sebenernya datangnya dari diri kita sendiri. Apakah saya juga sudah bener? Sama sekali belum, saya juga belajar dari kehidupan orang lain.

Orang lain, temen dan lingkungan akan berprilaku baik kepada kita apabila kita juga baik terhadap mereka, begitu pula sebaliknya. Mari sama" introspeksi diri.

End

Tidak ada komentar: