Hitam yang memutih

Rabu, 06 Februari 2013

Anak Negeri (Ende Flores NTT)

Anak negeri, pergi ke sekolah dengan seadanya. Tak perlu seragam dan sepatu mewah, seragam lusuh dan sandal jepitpun bisa. Hanya sebuah harapan yang membuat mereka terus melangkah, menatap ke depan dengan harapan kehidupan yang lebih baik. Anak negeri yang takut bermimpi terlalu tinggi, mereka terlalu takut terjatuh dengan angan yang terlalu tinggi, mereka masih terbelenggu keadaan yang memang belum menunjang mereka untuk berlari, dengan terpaksa mereka melangkah dengan susah payah demi impian impian kecil mereka.



Foto ini saya ambil tahun 2012 dengan menggunakan kamera Canon EOS 1000 D yang saya pinjam dari Pak Camat Lio Timur, Kabupaten Ende, NTT. Foto ini saya ambil di depan ruang guru SMP Negeri Satu Atap Detubelo, sedangkan anak tersebut adalah salah satu siswa SD I Detubelo.

Foto itu mungkin dapat mewakili potret pendidikan di Desa Woloaro, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende, NTT, atau setidaknya di tempat ini saya pernah menemukan kondisi pendidikan yang jauh dari kata ideal yang selama ini saya rasakan di Pulau Jawa. Karya jepretan pertama saya itu saya beri judul "menatap penuh harap" mungkin itulah yang dapat saya rasakan ketika mengambil gambar anak itu. Kondisi guru, sarana prasarana, dan segala hal yang belum memadai menjadi hal yang sangat wajar di tempat tersebut.

Saya adalah seseorang yang sangat menyukai dunia fotografi, semoga hasil jepretan saya kelak dapat menjadi inspirasi ataupun dapat menyampaikan pesan bagi yang melihat. ^_^

Tidak ada komentar: