Hitam yang memutih

Senin, 15 Agustus 2011

Antara Saya dan Biologi

Apa itu Biologi?? Biologi terdari dari dua kata "bios" yang artinya hidup dan "logos" yang artinya "ilmu", itu sii menurut buku yg pernah saya baca, dan kata dosen saya biologi tu ilmu yg mempelajari tentang kehidupan dan keseluruhan proses maupun interaksi yang ada di dalamnya. Banyak cabang ilmu yg ada di biologi, misalnya aja zoologi (ilmu yg mempelajari tentang hewan), botani (ilmu yg mempelajari tentang tumbuhan), histologi (mempelajari tentang jaringan), ekologi (ilmu yg mempelajari tentang makhluk hidup dan interaksinya dg alam), dll. Banyaaak bgt yg bisa diceritain tentang "biologi" dan ga akan ada habisnya.



Seberapa menarikkah biologi bagi saya??menarik, bahkan sangat menarik, kenapa?bagaimana bisa?dan kapan saya mulai suka? Secara ga langsung mulai dari balita saya sudah suka sama biologi lho, saya punya banyak tanaman, melihara kucing, ayam, burung, dan saya sayang bgt sama hewan" peliharaan saya, semua tingkah laku hewan tadi saya amati. Kadang ada bekicot lewat aja saya amati sampe berjam", penasaran sama cara jalannya, bentuk tubuhnya, bentuk matanya, tekstur kulitnya, dll. Kucing aja saya ajak ngomong, curhat ga jelas, saya amati, bahkan kalo ada kutunya juga saya amati. Kalau tumbuhan saya juga sering penasran sama akarnya, bentuk daunnya yang macem",dll. Anehkah saya waktu itu??klo menurut saya sih aneh banget, ga wajar, kurang kerjaan banget klo temen" saya ngatainnya. Tapi mungkin dari itulah jiwa saya memang diciptakan menyatu dengan alam, terutama sama hewan (lebay dikit ya).

Pas udah duduk di bangku sekolah, kebetulan guru" biologi saya adalah guru" yang pintar, tegas, dan menyenangkan. Semakin bertambah besar rasa cinta saya sama biologi. Gimana dengan nilai biologi saya? Jelek, jeleek bgt malah, ya pas"an lah kalo di kelas. Kok bisa? Ya saya kan cuma suka n cinta, bukan berarti saya paham bener dengan biologi. Tapi dari kebodohan itulah saya mulai penasarang dengan ilmu"nya.

Subhanallah, ternyata biologi itu luar biasa banget bagi saya. Apakah seluarbiasa itu?? Iya,,,sangat luar biasaa. Ternyata di dalam ilmunya, biologi mengungkap kebesaran Allah SWT. Proses" di dalam biologi yang sangat sempurna, misalnya saja proses fertilisasi, pembelahan sel, sirkulasi darah, cara kerja saraf, fotosintesis, respirasi dan masih banyak lagi hal yang membuat saya terkagum" dan tak hentinya mengucap maha suci Allah yang menciptakan segala hal yang begitu sempurna. Jadi, pada akhirnya, secara duniawi saya dapet ilmunya, dan biologi juga menambah kedekatan jiwa saya dengan sang pencipta, Allah SWT.

Apakah sekarang saya sudah mempunyai "biologi" yang selama 10 tahun ini saya cari??belum, saya merasa belum tau apa" tentang biologi, saya masih ingin "memuaskan" kebodohan saya dengan ilmu biologi yang lebih banyak lagi.

End

Tidak ada komentar: